Tips Menghemat Energi di Rumah

Menghemat energi dapat mengurangi risiko pemanasan global. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

Dunia semakin lama menghadapi kekurangan energi dan tidak akan lama lagi kemungkinan umat manusia harus menghadapi dampak dari krisis energi. Bahan bakar yang semakin menipis dan kurangnya alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan adalah penyebab utama yang menjadi perhatian ketika orang berbicara tentang penghematan energi. Dengan demikian menjadi suatu kebutuhan mendesak bagi semua orang untuk mulai menghemat energi.

Krisis energi merupakan salah satu krisis terbesar. Kita telah sampai ke titik di mana kita tidak bisa mencegahnya terjadi, mengingat jenis permintaan yang harus kita penuhi dan juga tidak adanya pengganti yang cocok, tetapi kita pasti bisa menunda kedatangan ini terjadi dalam waktu dekat. Jadi di sini, kita akan membahas beberapa cara menghemat energi.

Penghematan energi tidak hanya akan membantu dalam perlindungan yang lebih baik atas lingkungan, tetapi juga akan menghemat uang bagi banyak keluarga di seluruh dunia. Ada banyak cara di mana seseorang dapat mulai menghemat energi di rumah dan salah satu cara adalah untuk membuat pilihan yang bijak. Langkah pertama dalam menghemat energi adalah hanya menyalakan lampu ketika benar-benar dibutuhkan.

Menghemat Energi di Rumah

  • Peralatan rumah tangga seperti televisi, komputer, dan sejenisnya harus dimatikan karena ketika berada dalam modus siaga/ standby, perangkat ini terus mengkonsumsi energi. Cobalah menggunakan lampu neon biasa yang rendah konsumsi energi, tetapi masih memberikan jumlah cahaya yang cukup untuk ruangan atau kamar.  Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan buruk seperti tidak mematikan lampu dan televisi, bahkan ketika kita tidak di dalam ruangan. Jadi, jika kita menjadi sedikit lebih perhatian dan hati-hati, maka kita benar-benar dapat menghemat banyak energi.
  • Kita harus mulai dengan mengurangi konsumsi energi yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti listrik, bahan bakar dan air. Kita perlu untuk menghemat air juga karena air yang kita dapatkan di rumah adalah sebagai hasil dari proses yang juga membutuhkan energi dalam beberapa bentuk. Untuk menghemat energi dan air, apakah ada pipa air yang bocor, jika ada harus diganti sedini mungkin.

    hemat energi

    Tips Menghemat Energi di Rumah

  • Kulkas memiliki termostat yang mengontrol suhu di dalamnya. Banyak orang juga ceroboh dengan lemari es dan berpikir bahwa pintu kulkas terbuka tidak berarti membuang-buang energi. Namun, kenyataannya adalah bahwa jika pintu kulkas tetap terbuka maka sistem pendingin mesin perlu menggunakan banyak energi listrik dan ini tentu menambah konsumsi energi ekstra.

Selain menghemat energi, dalam semua hal ini kita juga harus memilih sumber energi pengganti seperti tenaga surya. Tidak semua peralatan bisa didukung oleh tenaga surya, akan tetapi hal ini benar-benar dapat mendukung kita dalam menghemat energi untuk sepanjang hari, khususnya di kawasan negara berkembang. Ingat, tarif dasar listrik selalu naik!

Bookmark and Share

,

Comments are closed.